• Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
Home Dinas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

E-mail Print PDF

BAB. I

PENDAHULUAN

 

  1. LATAR BELAKANG.

Berdasarkan Undang - Undang RI Nomor 32 Tahun 2004 pada pasal 151 menyatakan bahwa Satuan kerja perangkat daerah menyusun rencana stratregis yang selanjutnya disebut Renstra-SKPD memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya, berpedoman pada RPJM Daerah dan bersifat indikatif .

Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan salah satu urusan wajib Pemerintah Propinsi dan Pemerintaha Kabupaten/Kota sebagaimana diamanatkan pada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Untuk itu Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban dan bertanggung jawab menyelenggarakan urusan administrasi kependudukan.

Dalam pelaksanaan urusan wajib tersebut, Pemerintahan Kabupaten Maluku Tenggara telah membentuk Dinas yang menangani dan bertanggung jawab terhadap masalah administrasi kependudukan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Nomor 03 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Maluku Tenggara (Lembaran Daerah Tahun 2008 Nomor 3 Seri D) dengan nomen klatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Dibentuknya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bertujuan menjadi basis sangat strategis dalam menyediakan data dan informasi kependudukan guna perencanaan pembangunan di daerah oleh seluruh SKPD yang fokus / penetrasinya diarahkan pada terwujudnya masyarakat sejahtera, maju dan mampu mewarnai dinamika gerak pembangunan secara keseluruhan sebagaimana Visi Kabupaten Maluku Tenggara “ Terwujudnya masyarakat Maluku Tenggara yang sejahtera melalui pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA), jasa lingkungan berbasis bahari, jasa perdagangan dan pendidikan”.

Penyusunan Renstra secara subtansi merupakan upaya sistematis dan sinergis dalam mengimplementasikan prinsip tata pemerintahan yang baik (good governance) yang beresensikan pada 3 (tiga) pilar yakni : Akuntabilitas artinya penyelenggaraan fungsi-fungsi pemerintah harus dapat dipertanggungjawabkan; Transparansi artinya penyelenggaraan fungsi-fungsi pemerintahan harus memiliki mekanisme yang jelas dan diinformasikan kepada semua pihak; Demokrasi dan Partisipasi artinya fungsi-fungsi pemerintahan diselenggarakan tanpa mengabaikan kepentingan bersama serta melibatkan masyarakat dan pihak swasta sebagai bagian dari pilar utama kekuatan Negara.

Sejalan dengan pemikiran tersebut, dengan mempertimbangkan potensi dan lingkungan strategis yang ada maupun perspektifnya maka disusun Rencana Strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil yang digunakan sebagai rujukan dalam melaksanakan Tugas dan Fungsinya. Diharapkan pada tahun 2013 Kabupaten Maluku Tenggara menjadi kabupaten yang pertama di Maluku menggunakan data kependudukan sebagai dasar perencanaan pembangunan oleh setiap SKPD.

Untuk mencapai hal tersebut, perlu ada komitmen ke depan untuk mengoptimalkan dan mengintegrasikan semua kapasitas sumberdaya guna mewujudkan Maluku Tenggara sejahtera.

 

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, STRATEGI, DAN KEBIJAKAN

1. VISI

Berdasarkan permasalahan, tantangan, dan berbagai sumber daya potensial pembangunan yang dimiliki Kabupaten Maluku Tenggara, dengan terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati hasil pilihan rakyat secara langsung dan demokratis untuk periode 2008 - 2013 maka komitmen pembangunan daerah ini bertumpu pada Visi : Terwujudnya Masyarakat Maluku Tenggara Yang Sejahtera Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Jasa Lingkungan Berbasis Bahari, Jasa Perdagangan dan Jasa Pendidikan”. Dalam rangka keberhasilan Kabupaten sebagaimana diatas maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengartikulasikan Visi tersebut melalui bidang pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat, perwujudan keberhasilan tersebut merupakan suatu nilai, citra, arah dan tujuan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dirangkum dalam suatu komitmen pelayanan dengan Visi :

‘‘ TEWUJUDNYA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN YANG EFEKTIF, BERKUALITAS DAN AKUNTABEL TAHUN 2013”

Melalui Visi ini diharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maluku Tenggara lebih Eksis, Antisipatif dan Inovatif untuk menantang masa depan.

Makna Visi.

  1. Pelayanan Administrasi Kependudukan bermakna bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melakukan pelayanan kepada masyarakat yang dimulai dari kegiatan penataan dan penerbitan dokumen penduduk melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil, Pengelolaan Informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pembangunan.

  2. Efektif bermakna bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam memberikan layanan bukan saja untuk mencapai tujuan dalam rangka agar seluruh masyarakat memiliki dokumen kependudukan tetapi juga berusaha agar masyarakat merasa puas atas hasil dan kualitas layanan diberikan.

  3. Berkualitas bermakna bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam setiap kegiatan pelayanan berusaha agar masyarakat tidak terbeban dengan pembiayaan untuk setiap jenis layanan dan kalau memang dibebani biaya maka harus serendah mungkin, karena dengan demikian akan menimbulkan kepuasan masyarakat atas hasil layanan yang diberikan.

  4. Akuntabel bermakna bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai penyedia layanan administarsi kependudukan wajib mempertanggung jawabkan keberhasilan dan kegagalan visi dan misi Dinas. Untuk itu seluruh PNS yang berada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dituntut untuk bekerja dengan jujur, penuh semangat, dan peka terhadap keinginan masyarakat penerima layanan sesuai standar yang telah disepakati guna menghindari terjadinya penyimpangan penggunaan kekuasaan dan wewenang.

2. MISI.

Untuk mencapai dan mewujudkan Visi perlu dirumuskan Misi yang merupakan penjabaran dari Visi, adapun Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maluku Tenggara sebagai berikut :

  1. Mewujudkan penyelenggaraan pendaftaran dan pemutahiran data penduduk yang valid dan akurat.

  2. Menumbuhkan kesadaran Penduduk untuk melaporkan setiap peristiwa kependudukan dan pencatatan sipil.

  3. Mengembangkan dan memadukan kebijakan dan Sistim Informasi Administrasi Kependudukan.

  4. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur.

Berdasarkan Visi, Misi dan Nilai-nilai yang disepakati, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil perlu memberikan corak tersendiri guna diingat sebagai kata kunci yang dapat memberikan daya dorong (motivasi) kepada Pejabat Struktural beserta Staf Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta menjadi tolak ukur bagi masyarakat sebagai wujud akuntabilitas kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam melakukan layanan kepada masyarakat guna terwujudnya tertib admnistrasi kependudukan yaitu “TERBAIK DALAM PELAYANAN “ inilah Motto yang dipakai oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

 

A. PROGRAM

Program merupakan kumpulan kegiatan nyata, sistimatis dan terpadu yang akan dilaksanakan oleh instansi atau beberapa instansi terkait dalam rangka melibatkan partisipasi aktif masyarakat guna mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. Program Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maluku Tenggara terdiri dari 3 Program prioritas anatara lain sebagai berikut :

1. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur.

Program ini ditujukan untuk menyediakan prasarana dan sarana pelayanan administrasi kependudukan yang memadai sesuai dengan tuntutan kebutuhan pelayanan.

2. Program Pelayanan Pencatatan dan Penerbitan Akta Catatan Sipil.

Program ini ditujukan untuk membangun pangkalan data kependudukan yang handal, dan akurat yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan.

3. Program Penataan Administrasi Kependudukan.

Program ini ditujukan untuk membangun pangkalan data kependudukan yang handal

B. PROGRAM LINTAS SEKTOR.

1. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur;

Sosialisasi dan rapat koordinasi pengawasan dan sebaran penduduk.

2. Program Pendaftaran Penduduk :

Koordinasi dan kerjasama dengan Kantor Kecamatan, Kantor Imigrasi, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, BKKBD, dan Bagian Pemerintahan Setda MalukunTenggara.

3. Program Pencatatan Sipil :

Koordinasi dan kerjasama Pencatatan Perkawinan dengan Departemen Agama, Kantor Klasis, dan Kantor Keuskupan,Dinas Kesehatan, BP2KBD, dan PKK.

4. Program Data Informasi dan Pengembangan Sistim :

Koordinasi dan kerjasama dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.

C. PROGRAM LINTAS WILAYAH

  1. Studi Banding tertib administrasi
  2. Rapat Koordinasi Nasional
  3. Konsultasi
  4. Bimbingan Teknis
  5. Pendidikan dan Latihan.
Last Updated on Tuesday, 27 July 2010 23:03  


Polls

Penilaian anda untuk web ini?
 

CALENDAR

Photo Gallery

Slideshow Image 1
Slideshow Image 2
Slideshow Image 3
Slideshow Image 4
Slideshow Image 5
Slideshow Image 6
Slideshow Image 7
Slideshow Image 8
Slideshow Image 9
Slideshow Image 10

Info Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1033
mod_vvisit_counterYesterday2434
mod_vvisit_counterThis week1033
mod_vvisit_counterLast week16051
mod_vvisit_counterThis month79962
mod_vvisit_counterLast month81790
mod_vvisit_counterAll days2499686

We have: 25 guests online
Your IP: 54.166.29.1
 , 
Today: Aug 30, 2014

Who's Online

We have 45 guests online