• Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
  • Pemkab Maluku Tenggara - Administration
Home Kantor Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah

E-mail Print PDF

P E N D A H U L U A N

1. Latar Belakang

Sejalan dengan harapan yang ingin dicapai berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah serta Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, Tata cara penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, setiap Daerah diwajibkan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah sebagai rencana kerja tahunan.  Selain itu setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah diwajibkan pula menyusun Rencana Strategis (Renstra SKPD) untuk periode lima tahun dan Rencana Kerja Renja SKPD) untuk periode satu tahun.

Renstra SKPD memuat visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) SKPD, yang disusun dengan berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2008 – 2013 yang merupakan penjabaran dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara.

Selain Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Undang Nomor 32 Tahun 2004 tersebut diatas, Renstra Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah ini juga disusun berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan serta didasarkan pula atas arahan Peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Nomor 04 Tahun 2008  tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Inspektorat dan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Maluku Tenggara ; Peraturan Bupati - Maluku Tenggara Nomor 7 Tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2008 – 2013.

 

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN INDIKATOR KINERJA

 

1. Visi dan Mis

Dalam rangka pencapaian visi Kepala Daerah yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2008-2013 yaitu Terwujudnya Masyarakat Maluku Tenggara yang Sejahtera Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Jasa Lingkungan Berbasis bahari, Jasa Perdagangan dan Jasa Pendidikan, maka ditetapkan Visi Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, sebagai berikut :

Terwujudnya Pusat Belajar Masyarakat Yang Memadai dan

Tata Kelola Kearsipan Yang Profesional

Penjelasan visi :

Pusat Belajar Masyarakat artinya bahwa seluruh masyarakat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, tingkat pendidikan dan status sosial ekonomi dapat memanfaatkan perpustakaan sesuai dengan fungsinya yakni sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.

Yang Memadai, artinya bahwa dalam penyelenggaraan perpustakaan disesuaikan dengan standar nasional perpustakaan yang terdiri dari, Standar Koleksi perpustakaan, sarana prasarana, pelayanan, tenaga perpustakan, Penyelenggaraan dan standar pengelolaan.

Tata Kelola Kearsipan  Yang Profesional, mengandung arti  bahwa peningkatan kemampuan dan kompetensi serta  moral aparatur penyelenggara sangat diharapkan agar mampu memberikan pelayanan yang mudah, cepat, tepat  dengan biaya yang terjangkau dan dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Dan sebagai lembaga kearsipan daerah dapat melaksanakan keseluruhan kegiatan meliputi kebijakan, pembinaan kearsipan dan pengelolaan arsip dalam suatu sistem kearsipan nasional yang didukung oleh sumber daya manusia, prasarana dan sarana serta sumber daya lainnya.

 

Untuk mencapai visi sebagaimana tersebut diatas, maka ditetapkan misi sebagai berikut :

1.     Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan, Kualitas dan Kuantitas Sumber Daya Aparatur , dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah serta peningkatan mutu dan jumlah aparatur terutama tenaga fungsional (pustakawan dan Arsiparis) dan juga peningkatan sarana dan prasarana yang memadai sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat/pelanggan.

2.     Meningkatkan Kualitas Pembinaan dan Pengelolaan Perpustakaan, mengandung makna bahwa perlu adanya peningkatan mutu, jumlah,  jenis bahan pustaka dan penigkatan pola pelayanan yang disesuaikan denga standar nasional perpustakaan yang meliputi Standar koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan dan pengelolaan perpustakaan.   

3.     Meningkatkan Penyelenggaraan Kearsipan. Mengandung komitmen bahwa pelaksanaan pembinaan dan pengelolaan kerarsipan pada lembaga kearsipan maupun unit kearsipan sebagai pencipta arsip harus ditingkatkan sesuai dengan asas dan tujuan penyelenggaraan kearsipan sehingga terciptanya masyarakat sadar arsip.

4.     Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan administrasi perkantoran, dimaksudkan agar dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi perkantoran selalu diperhitungkan dengan waktu maupun biaya serta sumber daya lainnya yang tersedia sehingga bisa tepat waktu dan tepat sasaran.

 

STRATEGI, KEBIJAKAN, PROGRAM DAN KEGIATAN

Berdasarkan visi, misi, tujuan dan sasaran yang hendak dicapai dalam periode lima tahun kedepan tersebut di atas, maka ditetapkan strategi, arah kebijakan, untuk selanjutnya diimplementasikan dalam program dan kegiatan sebagai berikut :

1. Strategi

Berdasarkan Analisis SWOT, maka Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Maluku Tenggara  menetapkan Strategi sebagai berikut :

  1. Memanfaatkan sekolah dan keluarga untuk meningkatkan kegemaran dan minat baca.
  2. Mewujudkan pengelolaan, penyelamatan, pelestarian dan pengembangan perpustakaan dan arsip di daerah.
  3. Pemanfaatan Informasi Teknologi (IT) untuk pelayanan kepustakaan dan kearsipan.
  4. Meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pengelolaan, pemanfaatan perpustakaan dan arsip daerah.
  5. Meningkatkan kualitas dan kapasitas kelembagaan perpustakaan dan arsip daerah serta kualitas sumber daya aparatur.

 

2. Program dan Kegiatan

a. Program

1). Program Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan

Tujuan Program ini untuk mendukung peningkatan kemampuan dan penertiban pengelolaan administrasi kearsipan.

2). Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumentasi/ Arsip Daerah Program ini ditujukan untuk mengamankan dan melestarikan berbagai dokumen dan arsip daerah yang mempunyai nilai tinggi.

3). Program Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana dan Prasarana Kearsipan dan perpustakaan.

Program ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana kearsipan dan perpustakaan daerah.

4). Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi

Program ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan informasi kearsipan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

5). Program Pengembangan Budaya Gemar Membaca dan Pembinaan  Perpustakaan.

Program ini ditujukan untuk meningkatkan pengembangan minat dan budaya gemar membaca di kalangan siswa dan masyarakat.

Last Updated on Wednesday, 28 July 2010 02:53  


Polls

Penilaian anda untuk web ini?
 

CALENDAR

Photo Gallery

Slideshow Image 1
Slideshow Image 2
Slideshow Image 3
Slideshow Image 4
Slideshow Image 5
Slideshow Image 6
Slideshow Image 7
Slideshow Image 8
Slideshow Image 9
Slideshow Image 10

Info Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1673
mod_vvisit_counterYesterday2045
mod_vvisit_counterThis week9003
mod_vvisit_counterLast week15554
mod_vvisit_counterThis month51835
mod_vvisit_counterLast month81608
mod_vvisit_counterAll days2140066

We have: 14 guests online
Your IP: 50.17.174.94
 , 
Today: Apr 23, 2014

Who's Online

We have 19 guests online